25 MAR 2022 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 1557 DILIHAT 11 BAGIKAN

Pentingnya Kalsium di Masa Kehamilan

Ketika hamil, kebutuhan kalsium pun semakin meningkat. Pastikan ibu hamil mengonsumsi nutrisi yang cukup, termasuk kalsium, untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Mengapa perlu kalsium?

Kalsium dibutuhkan semua usia, yaitu:

  • Anak-anak membutuhkan kalsium dan vitamin D untuk mengembangkan tulang dan gigi yang kuat.
  • Remaja membutuhkan untuk mencapai potensi tinggi penuh mereka, sementara orang dewasa membutuhkan nutrisi ini untuk menjaga kesehatan tulang saat menjalani kehidupan yang aktif.
  • Bagi Lansia, kalsium dan vitamin D untuk mencegah osteoporosis dan meminimalkan risiko cedera dan patah tulang.

Selain zat besi dan asam folat, kalsium dan vitamin D adalah dua nutrisi yang perlu ibu hamil konsumsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

  • Bagi ibu, untuk membantu mencegah gejala kekurangan kalsium seperti sakit punggung yang berkelanjutan dan gigi rapuh, yang juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyebab kelahiran prematur.
  • Bagi janin, untuk perkembangan gigi dan tulang bayi, serta kemampuan untuk mengembangkan tulang dan saraf yang kuat dan sehat.

Di mana mendapatkan kalsium?

Kita bisa mendapatkan kalsium melalui makanan seperti ikan teri (ikan bilis), susu, keju rendah lemak, kedelai, sarden, kacang almond, sayuran hijau, kacang-kacangan/lentil, yogurt, dan tahu. Kalsium juga bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi Nutrilite CalMagD, yang mengandung kalsium yang bersumber dari rumput laut serta 10 mcg Vitamin D3 per 3 tablet untuk konsumsi harian yang setara dengan 400 IU.