23 JUL 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 336 DILIHAT

Mitos Vs. Fakta Sarapan

Seberapa penting sarapan untuk menghadapi hari-harimu? Yuk simak mitos dan faktanya biar nggak salah kaprah.

  1. Mitos: tidak sarapan efektif untuk menurunkan berat badan.
    Fakta: Salah. Menurut National Weight Loss Registry, 78% orang yang berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankannya setidaknya selama 5 tahun dengan menerapkan kebiasaan sarapan setiap hari. Melewatkan sarapan cenderung membuat makan berlebihan saat makan siang dan malam. Sebaliknya, patuhi jadwal makan yang seimbang dan teratur yang mencakup sarapan sehat.

  2. Mitos: tidak perlu sarapan kalau tidak lapar.
    Fakta: Salah. Sarapan atau makan menyediakan 100% nutrisi yang dibutuhkan tubuhmu. Bahkan jika tidak terlalu lapar, cobalah makan sesuatu yang sehat dalam waktu satu jam setelah bangun tidur.

  3. Mitos: sarapan bikin perut kenyang.
    Fakta: Setelah makan pastilah kenyang, namun tentu saja tidak akan berlangsung lama karena nutrisi sarapan akan diubah menjadi energi yang diperlukan untuk beraktivitas. Justru sarapan akan mencegah kamu makan berlebihan saat jam makan siang karena energi yang kamu gunakan telah disediakan oleh sarapan.

  4. Mitos: Tidak sarapan akan menghemat uang.
    Fakta: Dalam jangka pendek mungkin melewatkan sarapan bisa menghemat uangmu. Namun dalam jangka panjang dapat menimbulkan biaya kesehatan yang tidak terduga. Studi menunjukkan bahwa orang yang makan sarapan sehat secara teratur berada pada risiko yang lebih rendah untuk kondisi mahal termasuk obesitas, hipertensi dan penyakit jantung.

  5. Mitos: Sarapan tidak membuat perbedaan.
    Fakta: Salah. Penelitian telah menemukan bahwa sarapan yang sehat meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kinerja, memberikan daya tahan fisik tambahan, dan menurunkan kadar kolesterol. Sarapan sangat penting bagi anak-anak dan remaja, karena dengan sarapan memiliki keterampilan pemecahan masalah dan koordinasi mata-tangan yang lebih baik.

  6. Mitos: Tidak ada waktu untuk sarapan.
    Fakta: Sarapan tidak harus memerlukan persiapan yang lama. Bagi kamu yang tidak punya waktu banyak, konsumsi Nutrilite Hi Protein dan BodyKey sebagai pengganti sarapanmu. Biar nggak bosan, ambil buah di kulkas, bikin smoothie, tambahkan 2 scoop Nutrilite Hi Protein dan 1 scoop BodyKey.


Sumber:

https://www.foodnetwork.com