05 JUL 2021 KECANTIKAN & PERAWATAN 3 MENIT DIBACA 436 DILIHAT

Mitos Perawatan Kulit

Ternyata banyak sekali mitos yang beredar seputar perawatan kulit. Makanya Anda perlu mengetahui fakta yang sebenarnya agar kulit mendapatkan perawatan yang tepat.

1. Makan cokelat atau makanan berminyak dapat menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat

    Fakta:  Belum ada bukti kalau jenis makanan tertentu bisa menyebabkan kulit berminyak atau berjerawat. Keduanya berhubungan dengan produksi sebum yang berlebihan, yang bisa menyebabkan kulit menjadi berminyak/berjerawat. 

    2. Tanning baik untuk kulit

      Fakta: Mencokelatkan kulit dengan cara berjemur berlama-lama di bawah sinar matahari dapat meningkatkan risiko kanker kulit dan penuaan dini, terutama jika tabir surya tidak digunakan.  Jika ingin berjemur, gunakan tabir surya minimal SPF 30 secara menyeluruh dan terapkan kembali bila perlu, serta hindari sinar matahari di puncaknya.

      3. Menyilangkan kaki menyebabkan varises

        Fakta: Ada sejumlah faktor risiko varises, tetapi menyilangkan kaki bukanlah salah satunya. Varises bisa disebabkan karena faktor keturunan, efek buruk rokok, tidak aktif, tekanan darah tinggi, kehamilan, obesitas, dan memiliki pekerjaan yang membutuhkan berdiri terlalu lama.  

        4. Krim mata tidak berpengaruh apa-apa

          Fakta: Krim mata dapat memiliki banyak manfaat jika mengandung bahan yang tepat dan diformulasikan untuk masalah kulit spesifik Anda. Misalnya saja Artistry Youth Xtend Ultra Lifting Eye Serum Concentrate Serum, krim yang dibuat khusus untuk area mata, formulanya ringan dan kaya pelembap yang membantu mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan untuk membuat mata Anda terlihat lebih muda dan bercahaya

          5. Air panas baik untuk kulit

            Mencuci atau mandi dengan air panas sebenarnya menghilangkan minyak dan pelembap alami dari kulit, sehingga kulit menjadi kering dan gatal.   

            6. Hanya remaja yang berjerawat  

              Jerawat terjadi pada semua usia. Sementara pubertas sering memicu jerawat pada remaja, ada banyak jenis jerawat yang dapat terjadi di kemudian hari, dan kondisi yang sama yang ada pada kulit remaja dapat berlanjut hingga dewasa.

              7. Perlindungan SPF sama

                Tidak semua produk melindungi dari sinar UVA dan UVB. Banyak produk make-up misalnya, hanya menawarkan perlindungan terhadap UVA. Jika Anda akan berada di bawah sinar matahari, pastikan produk yang mencantumkan “perlindungan spektrum luas” yang berarti melindungi dari sinar UV-A dan UV-B, seperti Artistry Ideal Radiance ™ UV Protect SPF 50+ PA++++, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan, mencegah pembentukan bintik hitam dan perubahan warna kulit akibat pancaran UVA dan UVB. 

                8. Orang dengan kulit berminyak tidak perlu pelembap

                  Salah. Semua jenis kulit memerlukan pelembap, bahkan kulit berminyak sekalipun. PR-nya, pilih pelembap yang sesuai dengan kulit Anda. Misalnya untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat bisa menggunakan rangkaian Essentials by ARTISTRY™ yang efektif merawat masalah kulit seperti kulit berminyak, jerawat, dan pori-pori yang membesar.

                  Sumber: https://www.health.harvard.edu