06 DEC 2023 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 399 DILIHAT

Minum Air Sebelum Tidur: Tidak Sehat?

Banyak minum air putih memang bagus, kecuali sebelum tidur.
Mengapa? Ini sebabnya.

Akibat terlalu banyak minum sebelum tidur

Terlalu banyak minum mendekati waktu tidur bisa menyebabkan sering terbangun karena keinginan buang air, sehingga tidur kurang berkualitas. Padahal tubuh memerlukan tidur tanpa gangguan untuk bisa melakukan semua proses perbaikan, pemulihan energi, dan penyeimbangan kembali. Jika kondisi ini terus berlangsung maka berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan seiring berjalannya waktu.

Kapan sebaiknya minum air sebelum tidur?

Sebaiknya kurangi asupan air dalam satu atau dua jam sebelum tidur dan perlahan-lahan. Jadi, jika akan tidur jam 10 malam, waktu ideal untuk makan dan minum terakhir adalah sekitar jam 7-8 malam.

Agar tidak dehidrasi saat tidur

  1. Pastikan cukup minum air putih di pagi-sore hari
    Untuk mencegah keinginan banyak minum sebelum tidur, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik sepanjang hari. Perbanyak minum air di pagi, siang, dan sore hari, agar tidak dehidrasi ketika waktunya tidur.

  2. Hindari makan larut malam
    Usahakan menjadwalkan makan malam lebih awal dan hindari makan larut malam yang akan memicu rasa haus. Makan larut malam juga bisa memperlambat metabolisme dan meningkatkan risiko penambahan berat badan.

  3. Hindari olahraga terlalu malam
    Berolahraga larut malam dapat meningkatkan detak jantung dan mengganggu tidur. Berolahraga umumnya membuat dehidrasi dan melepaskan hormon stres dalam tubuh sehingga membuat tetap waspada.


Jangan lupa, pastikan juga air minummu bebas kontaminan. Gunakan eSpring yang efektif menghilangkan 99,9% bakteri, virus serta 140 jenis kontaminan berbahaya dalam air dengan ukurannya hingga 300 kali lebih kecil dari diameter rambut manusia. eSpring didukung oleh teknologi sinar Ultraviolet untuk memperbaiki rasa, menjernihkan air dan menghilangkan bau, tanpa menghilangkan kandungan mineral air.