04 OCT 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 641 DILIHAT

Minum Air Bisa Turunkan Berat Badan?

Masa minum air putih bisa menurunkan berat badan? Ternyata jika benar cara minum dan airnya bebas kontaminan, bisa membantu menurunkan berat badan, lho. Ini sebabnya!

  1. Air adalah penekan nafsu makan alami
    Air dapat membantu rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Dalam sebuah studi tahun 2014, 50 wanita yang kelebihan berat badan meminum 500 mililiter (mL) air 30 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam, selain konsumsi air rutin mereka, selama 8 minggu berturut-turut. Para partisipan mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, dan indeks massa tubuh, juga penekanan nafsu makan.

  2. Air meningkatkan pembakaran kalori
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum air putih dapat membantu membakar kalori. Orang yang meminum 500 ml air dingin dan bersuhu ruangan mengalami peningkatan pengeluaran energi. Mereka membakar kalori antara 2 dan 3% lebih banyak dari biasanya dalam 90 menit setelah minum air.

  3. Air membantu membuang limbah dari tubuh
    Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh tidak dapat membuang limbah seperti urin atau feses dengan baik. Air membantu ginjal menyaring racun dan limbah sementara organ mempertahankan nutrisi dan elektrolit penting. Tetap terhidrasi adalah cara yang baik untuk menghindari penumpukan limbah, yang dapat menambah berat badan.

  4. Air diperlukan untuk membakar lemak
    Tanpa air, tubuh tidak dapat memetabolisme lemak atau karbohidrat yang disimpan dengan baik.Minum cukup air sangat penting untuk membakar lemak dari makanan dan minuman, serta lemak yang tersimpan.


Pastikan air minummu bebas kontaminan

Namun jangan minum sembarang air minum. Pastikan air minummu bebas kontaminan agar efektif menghidrasi tubuh. Gunakan penjernih air eSpringTM, yang efektif menghilangkan 99,9% bakteri, virus serta 140 jenis kontaminan berbahaya dalam air dengan ukurannya hingga 300 kali lebih kecil dari diameter rambut manusia.

Berikut tipsnya agar tubuh terhidrasi dengan baik:

  • Minum setidaknya 8 gelas air yang sudah dijernihkan dengan eSpringTM dalam sehari.
  • Bawa selalu air yang sudah dijernihkan dengan eSpringTM dalam botol yang dapat digunakan kembali.
  • Minum air ekstra saat berolahraga atau selama aktivitas fisik.
  • Makan lebih banyak sup dan makanan kaya cairan.
  • Makan buah dan sayur dengan kandungan air tinggi, terutama buah beri, anggur, melon, tomat, seledri, mentimun, dan selada.


Sumber:

1https://www.ncbi.nlm.nih.gov/p...

2https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4121911/