Kecerdasan emosional atau dikenal dengan EI (Emotional Intelligence) adalah kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi seseorang, serta memengaruhi emosi orang lain.
Kecerdasan ini melebihi kecerdasan kognitif sebagai prediktor kesuksesan bisnis.
Berikut 5 kecerdasan emosional yang harus Anda kuasai:
1. Manajemen hubungan
Anda harus memiliki sifat kepemimpinan yang Inspiratif, seperti menjadi mentor yang baik, panutan, dan figur otoritas. Untuk itu Anda harus memiliki:
- Kemampuan untuk memengaruhi, mengartikulasikan dengan cara yang jelas dan persuasif yang secara efektif memotivasi orang lain.
- Kuasai juga manajemen konflik sehingga Anda memiliki keterampilan untuk meningkatkan hubungan, bernegosiasi, dan memimpin.
- Kemampuan untuk menyelesaikan perselisihan, perbedaan pendapat, dan kesalahpahaman.
2. Memiliki telinga “ketiga”
Orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi mendengarkan dengan telinga “ketiga”, yang artinya mendengarkan dengan perhatian mendalam. Bukan tentang apa yang mereka katakan, namun pesan apa yang mendasarinya.
3. Manajemen diri
Kuasai kemampuan untuk mengendalikan diri secara emosional karena merupakan bagian penting dari kematangan emosi, pengendalian perasaan, sehingga bisa mengekspresikannya dengan tepat.
Miliki kemampuan untuk:
- Berprestasi, yaitu berorientasi pada tujuan dan mampu bekerja menuju tujuan Anda.
- Berinisiatif, memiliki motivasi diri, dan memiliki kemampuan untuk terus bekerja meskipun mengalami kemunduran.
- Transparansi, jujur dan terbuka, berinteraksi dengan integritas dan dapat dipercaya.
- Adaptabilitas, menunjukkan ketahanan dan kemampuan untuk mengubah arah bila perlu.
- Optimisme, memiliki pandangan positif, berharap yang terbaik dan mempersiapkan kesuksesan.
4. Kenali diri Anda
Miliki kemampuan untuk mengenal diri sendiri dan memahami perasaan Anda dengan cara:
- Melakukan penilaian diri yang akurat, memahami kekuatan dan kelemahan Anda serta efeknya.
- Percaya diri, memiliki keyakinan pada diri sendiri dan bersedia untuk mengedepankan diri.
5. Tingkatkan kesadaran sosial
Empati merupakan salah satu pilar dari kemampuan seseorang untuk menjalin hubungan dengan orang lain, memahami dan mengakui emosi orang lain. Anda bisa melakukan orientasi layanan, membantu, berkontribusi pada upaya kelompok, dan menunjukkan keterampilan mendengarkan yang baik.