08 FEB 2021 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 1282 DILIHAT

Merawat Mobil Selama Pandemi

Merawat Mobil Selama Pandemi

Meski aktivitas banyak di rumah saja, mobil pun perlu perawatan, lho. Simak tips merawat mobil selama pandemi ini.

Membiarkan mobil dalam keadaan terkunci lama akibat virus corona, nantinya akan membuat tagihan perbaikan membengkak. Merawat mobil tetap dirawat mesipun jarang digunakan agar kondisinya tetap baik. Berikut beberapa tipsnya:

1.  Kendarai mobil paling tidak seminggu sekali

Untuk pemeliharaan, kendarai mobil Anda selama 20 menit berkendara setidaknya sekali seminggu.

  • Aki mobil habis seiring waktu, dan cara termudah untuk mencegah aki mati adalah dengan mengemudikan mobil secara berkala.
  • Mengendarai kendaraan juga mencegah mesin dan bahan mekanis lainnya mengering karena semua bagian yang bergerak - transmisi, rem, dan sebagainya - tetap terlumasi dengan baik. Jadi paling tidak kendarai selama minimal 20 menit untuk merawat mobil Anda.

2.  Pilih tempat parkir jangka panjang yang kering

Kondisi tempat parkir ternyata juga perlu diperhatikan dalam merawat mobil selama pandemi ini.

  • Hindari parkir di bawah pohon karena getah pohon bisa menetes ke mobil dan merusak cat mobil Anda.
  • Parkir jangka panjang di permukaan yang lembut seperti rumput atau tanah lembap bisa menyebabkan kelembapan naik ke bagian bawah mobil, sehingga menyebabkan karat.

3.  Pastikan tangki mobil terisi

    Tak membiarkan tangki mobil kosong lama ternyata juga bagian dari merawat mobil, lho. Manfaat mengisi bensin sebelum parkir jangka panjang adalah untuk mencegah kondensasi terakumulasi di dalam tangki dan menghentikan asap bensin menumpuk ke tingkat yang berbahaya.

    4.  Jangan gunakan rem parkir

      Membiarkan rem parkir dalam waktu lama dapat menyebabkan bantalan rem dan rotor saling menempel atau menyatu.

      5.  Pemeriksaan pra-perjalanan

      Jika sudah beberapa minggu sejak Anda mengemudikan mobil, pastikan untuk memeriksa tekanan ban dan tingkat cairan sebelum Anda berangkat.

      6.  Cuci mobil secara berkala

      Mencuci mobil setiap selesai digunakan atau secara berkala adalah bagian merawat mobil yang mudah namun bermanfaat karena membuat mobil awet dan tetap terlihat kinclong.

      • Cuci mobil dengan sampo mobil yang formulanya efektif membersihkan sekaligus menjaga warna cat mobil. Gunakan Amway Car Wash Shampoo, pencuci mobil dengan formula unik yang membuat kendaraan Anda bersih dari kotoran, debu, hingga jelaga, tanpa merusak cat. Produk yang bebas fosfat dan terbuat dari surfaktan yang dapat terurai.
      • Biar kinclong, gunakan Silicone Glaze Car Polish, pembersih atau pemoles cat mobil yang menghilangkan noda yang membandel, tidak mengikis permukaan cat, mengilapkan dan sekaligus melindungi permukaan cat dari sinar matahari, kerak air, dan kotoran sejenisnya
      • Tutup mobil dengan car cover sehingga mobil tetap terlindungi.