17 OCT 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 1072 DILIHAT 15 BAGIKAN

Mengenal Kebaikan Lecithin

Beragam manfaat kesehatan bisa didapatkan dengan mengonsumsi lecithin. Apa sajakah itu?

Apa itu lecithin?

Lesitin (lecithin) adalah sejenis lemak yang bisa ditemukan secara alami di jaringan tubuh, sebagai pengemulsi, yang membantu tubuh mencerna vitamin E dan membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Apa manfaatnya?

Lesitin ternyata memiliki sejumlah manfaat kesehatan, di antaranya:

  • Menurunkan kolesterol
    Manfaat yang paling terkenal dari lesitin adalah kemampuannya untuk menurunkan kolesterol. Para peneliti1 telah menemukan bahwa lesitin kedelai dapat berkontribusi untuk meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan menurunkan kolesterol LDL (jahat) dalam profil darah.
  • Meningkatkan kesehatan jantung
    Berdasarkan penelitian2, lesitin yang berasal dari kedelai dapat meningkatkan kesehatan jantung, terutama jika sudah berisiko terkena tekanan darah tinggi atau penyakit jantung.
  • Membantu ibu menyusui
    Beberapa ahli menyusui merekomendasikan lesitin sebagai solusi untuk mencegah saluran tersumbat berulang. Yayasan Menyusui Kanada3 merekomendasikan dosis 1.200 miligram, empat kali per hari, untuk merasakan manfaat ini.
  • Membantu melancarkan pencernaan
    Lesitin telah diuji pada orang dengan kolitis ulserativa untuk memperbaiki pencernaan membuat proses pencernaan lebih mudah dan melindungi lapisan halus sistem pencernaan.


Di mana bisa ditemukan?

Suplemen lesitin biasanya berasal dari biji bunga matahari, telur, atau kedelai. Hindari suplemen lesitin yang menggunakan organisme hasil rekayasa genetika (GMO). Kedelai sejauh ini merupakan bahan yang paling umum digunakan untuk membuat suplemen lesitin. Pilih brand terpercaya seperti NutriliteTM Lecithin E yang jelas-jelas aman. NutriliteTM Lecithin E mengandung lecithin yang diekstrak ‘dari minyak kedelai yang akan membantu memelihara kesehatanmu, juga vitamin E, antioksidan yang memerangi radikal bebas.

Perkuat diet harianmu dengan Nutrilite Lecithin-E sekarang!


Sumber:

1https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5409663/#B25-nutrients-09-00324

2https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1471015313001116?via%3Dihub

3 http://www.canadianbreastfeedingfoundation.org/basics/lecithin.shtml