13 JUN 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 764 DILIHAT

Mengapa Harus Gluten Free?

Sering mendengar atau membaca anjuran mengonsumsi makanan, minuman, bahkan vitamin, yang gluten free? Sebenarnya seberapa bahaya, sih, gluten ini? Cari tahu, yuk.

Apa, sih, gluten?

Gluten adalah keluarga protein yang ditemukan di banyak biji-bijian, terutama gandum. Makanan seperti roti, pasta, pizza, dan sereal seringkali mengandung gluten.

Manfaat dan bahaya gluten

Dari sudut pandang tanaman, gluten sangat penting karena membantu memberi makan bibit bayi saat mereka berkecambah. Namun, bagi sebagian besar orang, gluten dapat memicu respons autoimun yang parah atau gejala tidak menyenangkan lainnya, yang dikenal dengan penyakit celiac.

Penyakit celiac dapat menyebabkan kekurangan nutrisi karena mempengaruhi kemampuan usus untuk menyerap nutrisi. Mengonsumsi terlalu banyak gluten juga akan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe-2 dan penyakit jantung

Mengapa harus memilih makanan dengan label gluten free?

Diet bebas gluten membantu mengelola gejala penyakit celiac dan kondisi medis lain yang terkait dengan konsumsi gluten. Manfaat lainnya adalah peningkatan kesehatan, penurunan berat badan, dan peningkatan energi.

Bagaimana mendapatkan makanan gluten free?

  • Pastikan mengonsumsi makanan sehat bebas gluten, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan protein tanpa lemak. Selain itu konsumsi juga makanan kaya serat seperti hasil bumi, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Gunakan bahan pengganti gluten seperti pati, tepung sereal dan protein saat membuat adonan roti.
  • Pilih makanan berlabel gluten free, termasuk vitamin yang kamu konsumsi. Contohnya NutriliteTM Vitamin D3 1000IU yang membantu memenuhi kebutuhan vitamin D dengan cepat pada kondisi tertentu seperti lanjut usia, ibu hamil dan menyusui, risiko tinggi/penderita penyakit infeksi atau penderita penyakit autoimun. Nutrilite Vitamin D3TM 1000IU dibuat tanpa pemanis dan pengawet buatan, serta gluten free, sehingga aman buat dikonsumsi.