10 MAY 2023 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 510 DILIHAT

Mengajari Anak Flossing

Tak pernah terlalu dini mengajari anak menjaga kebersihan gigi, termasuk menggunakan benang gigi (flossing). Gunakan tips berikut ini untuk membantu mengajarinya menggunakan benang gigi.

Pentingnya flossing

Anak juga perlu tahu kalau selain menyikat gigi, flossing juga tak kalah pentingnya. Jelaskan pada anak kalau makanan dan plak suka bersembunyi di antara gigi dan di sepanjang garis gusi. Jika tidak dihilangkan dengan flossing, gigi berlubang atau penyakit gusi dapat berkembang. Flossing adalah langkah kedua setelah menyikat gigi, untuk membersihkan bagian mulut yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi.

Kapan mengajari anak flossing

Secara umum, yang terbaik adalah memulai flossing segera setelah gigi anak mulai rapat, yaitu antara usia dua dan enam tahun. Jika tidak yakin apakah sudah saatnya anak memulai flossing, bicarakan dengan dokter gigi anak.

Tips menyenangkan mengajari anak flossing

  1. Lakukan bersama
    Nyalakan musik yang menyenangkan, buat wajah konyol di depan cermin, dan lakukan flossing. Anak akan senang menghabiskan waktu ekstra bersama dan menirukan cara kita menggunakan benang gigi.

  2. Gunakan sistem penghargaan
    Beri pujian setiap kali anak berhasil menggunakan benang gigi sendiri. Buatlah bagan penghargaan untuk mendorong anak menggunakan benang gigi setiap hari. Setiap kali anak menggunakan benang gigi, tempelkan stiker di bagan. Untuk setiap lima hari berturut-turut dia bisa melakukan flossing, berikan hadiah yang disukainya atau biarkan ia menentukan hadiahnya sendiri.

  3. Pilihkan benang gigi berdesain flat yang efektif dan nyaman
    Pilihkan benang gigi yang nyaman seperti Glister™ Multi-Action Dental Floss yang memiliki desain flat sehingga mampu membersihkan hingga ke sela-sela gigi, bahkan yang rapat sekalipun.Glister™ Multi-Action Dental Floss membantu mengurangi plak di sela-sela gigi hingga 68% lebih bersih, membersihkan dan menstimulasi gusi, serta terbuat dari bahan yang aman karena bebas dari BPA, PVC, dan phthalate.

  4. Beri pengertian apa akibatnya jika tidak flossing
    Tunjukkan video pendidikan kepada anak yang menekankan kebersihan mulut yang baik dan jelaskan konsekuensi dari tidak melakukan flossing. Biasanya ia semakin paham pentingnya flossing dan dengan sukarela melakukan flossing secara teratur.

  5. Ajak anak menjadi pahlawan
    Ajak anak bermain menjadi pahlawan yang memberantas pasukan plak yang jahat yang menyerang kerajaan mulut setiap hari. Biasanya cara ini berhasil membuatnya semangat melakukan flossing.