12 MAR 2023 HIDUP SEHAT 3 MENIT DIBACA 564 DILIHAT

Makanan Penangkal Radikal Bebas

Cara terbaik melawan paparan radikal bebas yang setiap hari kita temui adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang mampu membantu menangkal radikal bebas. Apa sajakah itu?

  1. Sereal utuh
    Antioksidan yang terkandung dalam biji-bijian utuh menghancurkan radikal bebas 50 kali lebih banyak daripada vitamin C dan E saja.

  2. Pulses atau palawija
    Pulses adalah palawija, berupa kacang-kacangan yang dipanen hanya untuk biji-bijian kering seperti lentil, kacang polong, kacang hitam, atau kacang arab. Jika dimasak sampai empuk dan dikonsumsi dengan kulitnya maka tubuh akan mendapatkan antioksidan polifenol, saponin, anti-kanker phytates.

  3. Sayuran dan buah
    Sayuran yang mengandung antioksidan lebih banyak adalah yang berdaun hijau, dan berwarna gelap. Sayuran berwarna cerah termasuk paprika merah dan kuning, kol merah, wortel oranye gelap, labu kuning, tomat merah terang dan bit, juga tinggi antioksidan. Sedangkan untuk buah pilih yang lebih asam atau kuning, merah dan hitam kebiruan saat matang seperti jeruk, aprikot, jeruk bali, jeruk keprok, blackberry, blueberry, anggur hitam, plum hitam, stroberi, dan ceri.

  4. Minyak nabati
    Minyak nabati seperti zaitun extra virgin memiliki kekuatan antioksidan yang tinggi. untuk menjaga agar kadar antioksidannya (sterol dan polifenol) tidak berkurang, simpan ke dalam botol kaca bening.

  5. Ikan
    Ikan air dingin seperti mackerel, sarden, herring, tuna, trout, salmon, cod, teri, kaya akan asam lemak esensial omega-3.

  6. Teh, kopi, cokelat
    Teh hijau lebih efektif daripada teh hitam. Tetapi kopi dan cokelat juga merupakan makanan antioksidan asal tidak dikonsumsi berlebihan.

  7. Bumbu dan rempah
    Menambahkan rempah-rempah seperti jahe, kunyit, thyme, sage, rosemary dan oregano ke makanan akan meningkatkan kekuatan antioksidan mereka.

  8. Jus buah atau sayuran alami
    Jus buatan sendiri membantu melawan radikal bebas. Sebagai camilan di pagi atau sore hari, buah alami dan jus sayuran meningkatkan asupan antioksidan. Penting untuk makan buah dan sayuran musiman dari semua warna.


Nutrilite ini pun mengandung antioksidan

Untuk membantu kebutuhan antioksidan tubuh, Nutrilite pun memiliki produk yang diperkuat dengan antioksidan, yaitu :

  1. Nutrilite Double XTM kini diperkaya dengan PhytoProtect™, perpaduan optimal konsentrat tanaman kunyit, rosemary dan sophora japonica yang mendukung mekanisme pertahanan antioksidan tubuh sendiri. Selain itu juga dilengkapi dengan 22 vitamin dan mineral essensial, plus 22 fitonutrisi, peningkatan fitonutrisi ungu, dengan ukuran tablet yang lebih kecil.

  1. NutriliteTM Wheat Germ E Vitamin E, memberikan manfaat vitamin E dari minyak biji gandum yang baik bagi kesehatan sebagai antioksidan yang berperan penting untuk melindungi dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

  1. Nutrilite™ Bio C Plus 1 Day Release, diperkaya dengan Vitamin C dari acerola cherry untuk menangkal polusi dan pencemaran lingkungan dan multiflavoniod citrus sebagai fitonutrisi yang dibutuhkan tubuh.