02 MAR 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 241 DILIHAT

Kiat Kulit Bayi Bebas Ruam Popok

Mengapa ruam popok?

Bayi sering rewel? Coba, deh, cek kulit area popoknya. Jika terlihat berwarna merah dan memiliki bintik-bintik merah kecil yang menyebar, mungkin ia mengalami ruam popok.

Ruam popok adalah kondisi umum yang dapat membuat kulit bayi terasa perih, merah, bersisik, dan perih. Penyebabnya adalah kulit area popok yang gampang iritasi terlalu lama dibiarkan lembap dan kurangnya perawatan seperti:

  • Membiarkann popok dibiarkan terlalu lama dan kotoran (atau popok itu sendiri) bergesekan dengan kulit berulang kali.
  • Air seni (kencing) mengubah tingkat pH kulit, dan memungkinkan bakteri dan jamur tumbuh lebih mudah.
  • Zat yang terkandung dalam diapers, yang berfungsi menghentikan kebocoran, juga mencegah sirkulasi udara, menciptakan lingkungan yang hangat dan lembap sehingga bakteri dan jamur dapat berkembang biak, menyebabkan ruam.
  • Bisa juga karena kulit sensitif bayi alergi terhadap beberapa jenis deterjen, sabun, popok (atau pewarna dari popok), atau tisu bayi.

Cegah dengan Allano Baby Diapers Rash

Ruam popok biasanya hilang dalam 2 hingga 3 hari dengan perawatan di rumah seperti sering memeriksa popok bayi dan segera ganti ketika basah atau kotor.

  • Bersihkan area popok dengan lembut dengan sabun dan air dan keringkan.
  • Sesekali biarkan bayi tanpa popok selama beberapa jam agar kulit yang teriritasi mengering dan "bernapas".
  • Jika sudah sembuh, jangan lupa rawat kulit lembutnya menggunakan Allano Baby Diaper Rash Cream, krim yang lembut merawat kulit sekitar paha dan bokong. Formulanya diperkaya allantonin dan zinc oxide untuk membantu menyejukkan kulit yang kemerahan pada bayi. Bunda pun tak perlu khawatir ruam popok lagi.