02 APR 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 1119 DILIHAT

Kenali Dehidrasi

Apa itu dehidrasi?

Dehidrasi adalah kondisi saat orang kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dikonsumsi. Dehidrasi bukanlah masalah yang serius, namun jika diabaikan maka dapat berkembang menjadi petaka pada kesehatan tubuh.

Apa penyebab dehidrasi?

  • Aktivitas fisik

Aktivitas fisik seperti olahraga, apalagi dilakukan di hari yang panas, menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan melalui keringat. Jika tidak segera mendapatkan cairan pengganti tubuh bisa mengalami dehidrasi.

  • Demam

Ketika demam air menguap dari kulit karena berusaha mendinginkan tubuh. Tanpa ada cairan yang masuk untuk menggantikan cairan yang keluar, tubuh pun bisa mengalami dehidrasi.

  • Penyakit gastrointestinal

Penyakit gastrointestinal berupa gangguan pada lambung dan usus, biasanya menimbulkan keluhan seperti nyeri di perut, kembung, diare, atau justru susah BAB. Kondisi ini bikin tubuh kehilangan banyak cairan.

Apa tanda dan gejala dehidrasi?

Rasa haus adalah salah satu indikator dehidrasi, tetapi ini bukan tanda peringatan dini. Saat Anda merasa haus, Anda mungkin sudah mengalami dehidrasi. Gejala dehidrasi lainnya meliputi pusing, mulut kering, jarang buang air kecil, dan warna urine yang gelap. Jika dehidrasi berlanjut, seseorang akan mulai merasa lebih sakit karena lebih banyak sistem tubuh (atau organ) yang terpengaruh.

Bisakah dehidrasi dicegah?

Cara termudah menghindari dehidrasi adalah dengan banyak minum cairan, terutama air putih. Minum air putih tidak menambah kalori ke dalam makanan Anda dan sangat bagus untuk kesehatan Anda.

Selain air putih, minum juga cairan bernutrisi yang bisa cepat mengembalikan cairan tubuh seperti NutriliteTM PhytoPowder yang juga bernutrisi tinggi. Minuman segar ini mengandung vitamin C dan vitamin B Kompleks, tinggi serat dan rendah gula, serta hadir dengan dua pilihan rasa yang menyegarkan. Apalagi kini hadir dalam kemasan canister yang bisa dikonsumsi seluruh anggota keluarga.

Sumber:

https://kidshealth.org/en/teens/dehydration.html

https://www.afr.com/life-and-l...