19 JUL 2023 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 562 DILIHAT

Ini Sebabnya Lapar Setelah Olahraga

Rasa lapar setelah olahraga sering dijadikan alasan untuk malas berolahraga.
Padahal selama porsi yang dimakan tidak berlebihan, tidak akan merusak diet, kok.

Apa penyebabnya?

Merasa lapar setelah olahraga adalah hal yang wajar. Olahraga membakar kalori, menghabiskan simpanan glikogen, dan merangsang nafsu makan. Olahraga juga membuat dehidrasi dan jika kamu tidak minum cukup air sebelum, selama, dan setelah berolahraga, maka pasti akan merasa lapar.

Olahraga baik untuk diet

Jangan lagi takut rasa lapar setelah olahraga, karena justru olahraga sangat baik untuk menjaga berat badan. Aktivitas olah tubuh ini juga penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes serta meningkatkan tingkat kebahagiaan.

Cara menjinakkan rasa lapar

  1. Waktu makan
    Waktu makan adalah kunci performa dan pemulihan, karena kita akan kehilangan sebagian besar atau semua simpanan glikogen saat berolahraga. Idealnya, makan makanan pasca-latihan pertama dalam waktu 30 hingga 60 menit setelah menyelesaikan latihan. Jangan lupa sarapan, karena sebagian besar kalori di awal hari akan membantu mengendalikan rasa lapar dan mengidam di kemudian hari.

  2. Komposisi makan
    Apa yang dimakan sama pentingnya dengan saat makan. Rasio karbohidrat-ke-protein tergantung pada jenis latihan yang dilakukan. Misalnya pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) menggunakan lebih banyak glikogen, maka kamu memerlukan rasio karbohidrat-ke-protein yang lebih besar; idealnya, 3:1 hingga 4:1. Untuk latihan otot gunakan rasio karbohidrat-ke-protein 2:1 atau 1:1 untuk membantu mengisi bahan bakar otot dan memperbaiki jaringan yang rusak.

  3. Hidrasi
    Kebanyakan orang tidak minum cukup air sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Agar tetap terhidrasi dengan baik termasuk minum 8 hingga 12 ons air saat bangun, 8 ons sebelum makan, 12 hingga 16 ons satu jam sebelum berolahraga, dan 24 ons setelah berolahraga. Di penghujung hari, minumlah 2 hingga 3 liter air, dan pastikan air minummu bebas kontaminan. Untuk itu, gunakan saja eSpring™ Water Treatment System. Penyaring air eSpring™ Water Treatment System mampu meningkatkan rasa, dan kualitas air minum sehari-hari. Secara efektif mengurangi lebih dari 140 kontaminan berbahaya dan mempertahankan mineral bermanfaat seperti kalsium dan magnesium.