25 APR 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 455 DILIHAT

Imunitas Lemah? Cek Vitamin D-mu

Vitamin D ternyata tak hanya baik untuk tulang. “The sunshine vitamin” ini memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, lho! Cek yuk apa saja manfaat vitamin ini.

  1. Memperkuat tulang
    Ini kamu pasti sudah tahu. Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium di usus untuk mendukung mineralisasi normal pada tulang. Ketika dipadukan dengan kalsium, dapat membantu mencegah osteoporosis.

  2. Membantu memperkuat otot
    Vitamin D dapat membantu meningkatkan kekuatan otot sehingga mencegah jatuh, yang merupakan masalah umum yang menyebabkan kecacatan dan kematian.

  3. Mendukung sistem kekebalan tubuh dan melawan peradangan
    Vitamin D juga dapat membantu membangun kekebalan dengan cara mendukung sistem kekebalan untuk melawan bakteri dan virus berbahaya.

  4. Membantu mendukung kesehatan mulut
    Sebah tinjauan tahun 2020 di Nutrients menyimpulkan bahwa karena vitamin D membantu tubuh kita menyerap kalsium, vitamin D dapat menurunkan risiko kerusakan gigi, gigi berlubang, dan penyakit gusi.

  5. Membantu menurunkan berat badan
    Sebuah studi kecil tahun 2013 di Nutrition Journal1 menemukan bahwa mengonsumsi kombinasi vitamin D dan kalsium membantu peserta yang kelebihan berat badan dan obesitas.

  6. Membantu memerangi depresi
    Menurut artikel ulasan tahun 2017 di jurnal Neuropsychology2, para peneliti menemukan hubungan yang signifikan antara depresi dan kekurangan vitamin D.


Cara mendapatkan lebih banyak vitamin D

Vitamin D bisa didapat dengan berjemur, mengonsumsi ikan salmon, atau untuk hasil lebih cepat dengan mengonsumsi suplemen vitamin D dari Nutrilite:

  • Anak (1-3 tahun), tersedia NutriliteTM Chewable Cal Mag yang mengandung 270 mg kalsium dan 50 mg magnesium dapat digunakan untuk suplementasi kalsium dan magnesium dalam pembentukan tulang dan gigi.
  • Dewasa (12 tahun ke atas), tersedia NutriliteTM Cal Mag D, suplementasi kalsium, magnesium dan vitamin D untuk kesehatan tulang. Mengandung kalsium yang bersumber dari rumput laut, magnesium dan vitamin D3.


Sumber: 

 Zhu W, Cai D, Wang Y, et al. Calcium plus vitamin D3 supplementation facilitated Fat loss in overweight and obese college students with very-low calcium consumption: a randomized controlled trial. Nutr J. 2013;12:8. doi:10.1186/1475-2891-12-8

Aless, Cuomo R, Giordano N, Goracci A, Fagiolini A. Depression and vitamin d deficiency: causality, assessment, and clinical practice implications. Neuropsychiatry. 2017;7(5):606–614.