30 MAR 2022 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 210 DILIHAT

Fondasi Nutrisi Untuk Balita

Pentingnya usia golden age

Lima tahun pertama usia anak sangat penting, karena saat itulah otak berkembang paling cepat dan memiliki kapasitas tertinggi untuk berubah. Itu sebabnya, dalam lima tahun pertama, orang tua harus fokus untuk memastikan anak-anak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung dan mendorong pertumbuhan dan perkembangan yang normal.

Apa yang bisa kita lakukan?

Sebagai orang tua, bantu anak untuk mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkannya. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

  1. Ajari anak memilih porsi yang sesuai untuknya
    Anak-anak bukanlah orang dewasa, jadi bantu mereka untuk memilih porsi yang sesuai untuknya. Longgarkan aturan seperti harus menghabiskan makanan, sebaliknya bantu mereka mengetahui tanda-tanda bahwa kenyang sehingga mereka dapat belajar mengatur diri sendiri.
  2. Menghindari picky eater
    Untuk menghindari picky eater, kenalkan anak dengan berbagai rasa makanan baru sejak dini. Jangan sedih jika mereka tidak menyukainya saat gigitan pertama. Variasi dan sajikan lagi agar anak bisa mengeksplor berbagai cita rasa.
  3. Tawarkan berbagai makanan untuk memastikan nutrisi yang baik
    Tawarkan berbagai makanan sehat, termasuk buah-buahan dan sayuran dari seluruh spektrum warna untuk memastikan mereka mendapatkan fitonutriennya. Jika khawatir mereka tidak mendapatkan apa yang mereka butuhkan karena preferensi mereka terbatas, pertimbangkan suplemen makanan anak-anak untuk mengisi kesenjangan nutrisi. Misalnya memberi anak usia 2 tahun ke atas sarapan dengan Nutrilite Hi Protein, minuman tinggi protein dari kacang kedelai yang mengandung 18 asam amino sebagai sumber kalsium, dengan rasa cokelat yang nikmat yang pasti disukainya.
  4. Batasi makanan olahan, makanan cepat saji
    Makanan olahan dan makanan cepat saji seringkali kekurangan nutrisi yang baik dan mereka mempromosikan kebiasaan makan yang buruk.
  5. Batasi minuman manis
    Soda, minuman jus, limun, dan teh manis dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penambahan berat badan yang tidak sehat.