30 NOV 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 310 DILIHAT

Fakta Menarik Vitamin E

Tak hanya bagus untuk kulit, ternyata banyak fakta vitamin E yang menarik dan perlu kamu tahu.

Apa yang kamu ingat pertama kali jika mendengar kata “vitamin E”? Vitamin ini sering ditambahkan pada produk perawatan kulit. Namun ternyata manfaat vitamin E banyak sekali. Simak manfaat dan fakta kebaikan Vitamin E:

  1. Vitamin E awalnya ditemukan pada tahun 1922 oleh Dr. Herbert Evans dan Katherine Bishop. Vitamin E diusulkan sebagai antioksidan pada tahun 1945.
    Pada tahun 1968, peneliti mengusulkan vitamin E sebagai antioksidan yang melindungi lipid sel dari radikal bebas.

  2. Tubuh manusia dapat menyimpan vitamin E, yang merupakan vitamin yang larut dalam lemak.

  3. Jumlah vitamin E yang dibutuhkan bergantung pada berat badan, usia, dan masalah atau masalah kesehatan khusus lainnya.Kekurangan vitamin E tidak diketahui, kecuali pada orang dengan kelainan genetik atau malnutrisi yang langka, atau pada bayi prematur.

  4. Sebagai antioksidan, vitamin E mampu mencegat dan menetralkan radikal bebas dalam tubuh sehingga melindungi jaringan dan sel tubuh dari kerusakan. Fakta vitamin E ini akan memperlambat proses penuaan tubuh.

  5. Selain menjadi antioksidan yang kuat, vitamin E dibutuhkan untuk fungsi sehat dari banyak sistem dalam tubuh. Manfaat kesehatan vitamin E meliputi:

    1. Membantu produksi sel darah merah
    2. Memperkuat sistem kekebalan
    3. Membantu tubuh memproses dan menggunakan vitamin K.
    4. Meningkatkan sirkulasi darah dan sistem peredaran darah secara keseluruhan
    5. Mempromosikan pembekuan darah normal
    6. Memperbaiki jaringan
    7. Membantu mencegah penyakit kardiovaskular, kanker dan stroke
    8. Mengurangi risiko dan penyakit Alzheimer
    9. Menurunkan gejala sindrom pramenstruasi


  6. Fakta vitaminE selanjutnya adalah vitamin E terdiri dari delapan senyawa antioksidan yang berbeda. Ada empat tokoferol dan empat tokoferol dengan alfa, beta, delta, dan gamma di setiap kelompok. Alpha-tocopherols adalah senyawa yang paling aktif di dalam tubuh.

  7. Alpha-tocopherol adalah jenis utama vitamin E dalam tubuh, yang bertindak sebagai antioksidan untuk membantu menetralkan radikal bebas. Alpha tocopherol dapat bekerja secara sinergis dengan vitamin C dalam mengurangi stres oksidatif.


  8. Fakta vitamin E terakhir adalah, vitamin E banyak terdapat pada kacang, biji-bijian, alpukat, ikan, dan biji-bijian. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin E seperti NutriliteTM Wheat Germ E karena:
    1. Terbuat dari Wheat germ oil atau minyak biji gandum yang merupakan sumber vitamin E tertinggi.
    2. Merupakan antioksidan yang berfungsi untuk menetralkan radikal bebas, melindungi jaringan dan sel tubuh dari kerusakan, & memperlambat proses penuaan tubuh. D-Alpha-Tocopherol, merupakan bentuk vitamin E alami yang mudah diserap tubuh.
    3. Mengandung 35,25 mg (setara 52,61 IU) vitamin E dari minyak biji gandum sebagai antioksidan dan membantu memelihara kesehatan.