26 JAN 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 313 DILIHAT

Cara Aman Memandikan Bayi

Di balik kulit halus dan lembutnya, kulit bayi sangat mudah kering, bersisik, dan sensitif. Untuk itu berikan perawatan yang lembut dan jangan terlalu sering memandikan bayi karena dapat mengeringkan kulit dan menghilangkan minyak dan zat lain yang melindungi dari infeksi dan iritasi lainnya. Memandikan bayi cukup 2-3 kali seminggu saja, dan bersihkan area popok sesering yang diperlukan.

Berikut tipsnya:

  1. Siapkan air hangat
    Siapkan air dengan suhu air 37-38°C atau suam-suam kuku. Gunakan pergelangan tangan atau siku untuk menguji suhu. Pastikan suhu cukup hangat, tidak panas dan tidak dingin.
  2. Mulai dari atas
    Para ahli merekomendasikan untuk memulai memandikan bayi dengan mencuci rambut dan wajahnya dengan lembut. Gunakan sabun mandi Allano Baby Bath yang formulanya lembut dan tidak mengiritasi kulit.
  3. Fokus pada lipatan
    Sebagian besar bayi memiliki lipatan di sepanjang paha, leher, dan pergelangan tangan. Lipatan ini memang menggemaskan, tetapi juga dapat menjebak bakteri dan sel kulit mati. Saat memandikan bayi, fokuslah untuk mencuci dan membilas lipatan secara menyeluruh.
  4. Jangan lupakan tangan dan kaki
    Bayi cenderung mengisap jari tangan dan kaki mereka, jadi sangat penting untuk membersihkan bagian-bagian ini. Gunakan kain lap bersabun dan rentangkan jari tangan dan kaki mereka dengan lembut untuk memastikan tangan dan kaki mereka sebersih mungkin.
  5. Jaga kelembapan kulitnya
    Bilas lalu angkat bayi dan lap lembut dengan handuk bersih. Jangan lupa oleskan Allano Baby Lotion ke seluruh tubuh mungilnya. Lotion dengan wangi yang menyegarkan ini akan menjaga kulit bayi senantiasa halus, lembut, lembap, dan tak mudah iritasi.