21 OCT 2022 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 131 DILIHAT

Agar Hasil Masakan Kaya Nutrisi

Paparan air, panas, dan cahaya yang terlalu lama dapat menyebabkan beberapa makanan kehilangan nilai gizi. Tips ini akan membantu mempertahankan nutrisi yang terkandung di dalam bahan makanan saat di masak.

  1. Aturan mencuci bahan makanan
    1. Cuci sayuran terlebih dahulu, baru kupas dan potong sebelum diolah. Memotong dulu baru dicuci akan menghilangkan nutrisi makanan.
    2. Kupas sayuran setipis mungkin karena nutrisi dalam sayuran dan buah-buahan terkonsentrasi tepat di bawah kulit.
    3. Jangan memotong sayuran menjadi potongan-potongan yang sangat kecil karena sebagian besar nutrisi akan hancur jika terkena udara.
    4. Langsung masak sayuran setelah dipotong agar vitamin dan mineralnya aman.


  2. Penggunaan air
    1. Minimalkan jumlah air saat memasak sayuran karena merebus terlalu banyak air akan merusak nutrisi. Gunakan api kecil dan tutup panci saat memasak.
    2. Hindari pemanasan ulang makanan karena merusak struktur kimia nutrisi dan vitamin.

  3. Aturan dasar memasak
    Sayuran akar seperti kentang, jahe, lobak dan wortel harus direbus dengan kulitnya dan buang kulitnya setelah direbus. Merebus dengan kulit membantu nutrisi untuk bermigrasi ke pusat sayuran yang membantu dalam retensi nutrisi yang lebih baik.

  4. Makanan segar
    Cobalah makan dalam waktu 4 jam setelah memasak makanan. Semakin cepat dikonsumsi maka semakin banyak nutrisi yang bisa didapat darinya.

  5. Waktunya memasak
    Semakin lama waktu memasak dan semakin tinggi suhunya, maka semakin banyak nutrisi yang hancur karena sebagian besar vitamin sensitif terhadap panas dan paparan udara.

  6. Alat memasak
    Gunakan alat masak berkualitas yang bisa menjaga kandungan nutrisi makanan saat dimasak seperti AmwayTM Queen Seven-Ply Wok yang terbuat dari multiply stainless steel yang mampu mendistribusikan panas secara merata. AmwayTM Queen Seven-Ply Wok dengan teknologi Vitalok yang mampu mempertahankan 1/3 lebih banyak nutrisi, menjaga rasa dan warna makanan, sehingga tampak segar dan lezat. Segel air yang terletak diantara panci dan tutupnya mencegah hilangnya cita rasa, zat gizi dan tekstur alami makanan.