03 AUG 2022 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 1080 DILIHAT

7 Prinsip Memasak yang Sehat

Ingin makan lebih sehat? Mulailah dengan memasak di rumah. Berikut ini prinsip memasak sehat untuk memulainya.

  1. Buat rencana menu
    Perencanaan makan berarti menuliskan menu terperinci dan membuat daftar belanjaan untuk beberapa hari. Membuat perencanaan membantumu merencanakan apa yang akan dibuat dan bagaimana menyiapkannya agar sukses.

  2. Perbanyak buah dan sayuran
    Selalu sertakan banyak sayuran dan buah ketika menyiapkan menu. Misalnya membuat smoothie buah di pagi hari dan salad sayuran segar untuk makan siang. Untuk camilan, sajikan irisan apel, semangka, jeruk, atau buah favoritmu. Sup sayuran juga bisa menjadi pilihan camilan yang sehat.

  3. Pilih biji-bijian utuh
    Pilih biji-bijian utuh seperti beras merah daripada biji-bijian olahan, karena memiliki lebih banyak serat, vitamin B, magnesium, seng, dan nutrisi lainnya.

  4. Campur protein
    Protein tidak hanya terdapat pada daging. Banyak pilihan protein selain daging, yaitu protein nabati (tahu, tempe, biji-bijian) yang lebih sehat karena tidak mengandung kolesterol maupun asam lemak jenuh.

  5. Bumbui dengan rempah-rempah
    Kurangi penggunaan penyedap rasa atau MSG, gula, dan garam. Makan terlalu banyak, dari waktu ke waktu, bisa berisiko kondisi kesehatan seperti tekanan darah tinggi atau penyakit jantung. Kamu bisa menggunakan rempah-rempah, bubuk kari, empon-empon, bahkan daun kemangi bisa membantu membumbui masakan lebih alami.

  6. Tambahkan lemak sehat
    Lemak bersifat mengenyangkan dan membantu menyerap nutrisi seperti vitamin A,D,E dan K. Pilih lemak tak jenuh seperti minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan daripada lemak jenuh, seperti mentega.

  7. Gunakan alat masak yang sehat
    Alat masak yang sehat seperti Amway QueenTM Seven-Ply Wok dengan teknologi Vitalok mampu mempertahankan 1/3 lebih banyak nutrisi, menjaga rasa dan warna makanan, sehingga tampak segar dan lezat. Segel air yang terletak di antara panci dan tutupnya mencegah hilangnya cita rasa, zat gizi dan tekstur alami makanan, sehingga masakanmu sehat dan kaya nutrisi!