25 APR 2022 BISNIS 2 MENIT DIBACA 374 DILIHAT

6 Tips Meningkatkan Kemampuan Humas

Kemampuan Public Relation (PR) atau kemampuan humas merupakan salah satu aspek yang sulit untuk dikuasai. Tingkatkan dengan beberapa cara ini.

  1. Fokus pada kebutuhan ABO/Pelanggan
    Ketahui apa sebenarnya kebutuhan ABO/Pelanggan untuk merekomendasikan produk yang bisa meningkatkan kehidupannya. Jangan hanya karena sedang promo baru direkomendasikan. Dengan memberi solusi, maka hubungan akan terasa lebih terbuka dan nyaman.
  2. Ceritakan kisah
    Bicara tentang siapa, dari mana Leader berasal dan mengapa apa yang Leader lakukan itu penting. Sebagian besar Leader terjebak dalam produk dan tidak berbicara tentang kisah asal mereka. Menceritakan kisah/mendongeng efektif membuat ABO/Pelanggan merasa mengenal dan dekat, sehingga lebih mudah membangun kepercayaan.
  3. Jeli melihat apa yang disukai ABO/Pelanggan
    Pahami apa yang dicari ABO/pelanggan. Idenya adalah untuk memulai dengan topik yang cukup luas untuk menarik perhatian mereka, kemudian tawarkan perspektif yang unik untuk mendekati apa yang menjadi masalah mereka.
  4. Kenali audiens
    Jangan percaya pada jawaban sendiri atau mengira-ira, melainkan temukan jawaban dari orang-orang di sekitar. Pikirkan nilai merek bagi pelanggan, kenali, akui, terima, dan fokus pada siapa yang diajak bicara. Intinya, jangan berasumsi tahu.
  5. Dapatkan umpan balik
    Dapatkan umpan balik dari calon pelanggan/pelanggan. Pastikan itu selaras dengan tujuan, strategi, dan nilai perusahaan , dan jika tidak, segera cari cara untuk mewujudkannya.
  6. Tunjukkan solusi
    Kemampuan PR harus diselaraskan dengan keseluruhan strategi dan visi perusahaan. Pada akhirnya, setiap bisnis adalah tentang membantu orang. Semakin besar masalah yang dipecahkan untuk mereka, semakin berharga solusi yang Leader berikan.