27 JUN 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 321 DILIHAT

5 Tips untuk Memaksimalkan Olahragamu

Tahu kapan waktu makan dan jenis makanan apa saja yang harus dikonsumsi sangat penting
untuk memaksimalkan latihanmu, lho. Ikuti tipsnya, yuk….

  1. Sarapan dengan menu karbohidrat yang lambat dicerna
    Biji-bijian memiliki tingkat insulin yang lebih rendah dan membakar lebih banyak lemak di siang hari. Sarapan dengan karbohidrat yang lambat dicerna ini akan meningkatkan kinerja latihan dan membakar lebih banyak lemak selama berolahraga dibandingkan dengan jika mengonsumsi karbohidrat cepat cerna seperti roti putih atau bagel biasa.

  2. Perhatikan ukuran porsi
    Cobalah untuk tidak makan berlebihan atau tergoda makanan tak sehat, meskipun setelah berolahraga biasanya terasa lapar. Sebaiknya, makanan besar setidaknya 3 sampai 4 jam sebelum berolahraga, dan snack sekitar 1 sampai 3 jam sebelum berolahraga*.

  3. Pilih camilan sehat yang enak
    Kebanyakan orang bisa makan camilan kecil tepat sebelum dan selama berolahraga. Camilan yang dimakan segera sebelum berolahraga mungkin tidak akan memberi energi tambahan tapi dapat mencegah rasa lapar yang mengganggu. Pilih snack sehat seperti Phytobites Protein Bar–Dark Choco Peanut Cashew. Snack Phytobites Protein Bar–Dark Choco Peanut Cashew berbentuk bar yang tinggi protein dan tinggi serat, serta mengandung kolagen, dengan kebaikan cokelat hitam dan kacang.

  4. Makanlah setelah berolahraga
    Untuk membantu otot pulih dan mengganti simpanan glikogennya, makanlah makanan yang mengandung karbohidrat dan protein dalam waktu dua jam setelah sesi latihan jika memungkinkan.

  5. Minumlah
    Jangan lupa minum cairan karena kamu membutuhkan cairan yang cukup sebelum, selama, dan setelah berolahraga untuk membantu mencegah dehidrasi. Agar tetap terhidrasi dengan baik untuk berolahraga, American College of Sports Medicine merekomendasikan minum air putih sekitar*:
  • 2 hingga 3 cangkir (473 hingga 710 mililiter) air selama 2 hingga 3 jam sebelum berolahraga.
  • 1/2 hingga 1 cangkir (118 hingga 237 mililiter) air setiap 15 hingga 20 menit selama berolahraga. Sesuaikan jumlah yang terkait dengan ukuran tubuh dan cuaca.
  • 2 hingga 3 cangkir (473 hingga 710 mililiter) air setelah berolahraga untuk setiap pon (0,5 kilogram) berat yang berkurang selama berolahraga.


sumber: 

*https://www.mayoclinic.org/hea...