10 SEP 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 290 DILIHAT

5 Tips Mengurangi Asupan Gula

Memang makanan manis susah ditolak. Tapi ingat, jika berlebihan bisa bikin obesitas.
Yuk, mulai kurangi gula dengan bijak memilih makanan.

  1. Kurangi minuman manis
    Minuman manis seperti soda, jus kemasan, kopi instan, atau minuman energi, tinggi gula. Kalori dari minuman tersebut diserap dengan cepat, sehingga menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Coba kurangi minuman manis dan ganti dengan air putih, teh hijau tanpa pemanis, atau infused water.

  2. Hindari makanan penutup yang manis-manis
    Kebanyakan makanan penutup tidak memberikan banyak nilai gizi, hanya sarat gula yang malah bikin makan lebih banyak gula. Coba ganti dengan buah segar atau cokelat hitam (70% kakao atau lebih tinggi). Kalau mau praktis, ngemil saja PhytoBites Protein Bar-Dark Choco Peanut Cashew, protein bar yang terbuat dari kedelai dan oat, rendah kalori (cuma 90kkal), tinggi protein, tinggi serat, tanpa pemanis dan pewarna buatan jadi lebih sehat. PhytoBites Protein Bar-Dark Choco Peanut Cashew juga mengandung kolagen yang bermanfaat banget untuk menjaga kesehatan kulit.

  3. Makan makanan utuh
    Makanan utuh seperti buah-buahan utuh, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran, belum diproses dan bebas dari bahan tambahan dan zat buatan lainnya. Pilihan yang lebih sehat ketimbang makanan olahan atau siap saji yang mengandung garam, gula, lemak, dan zat aditif lainnya.

  4. Tidur yang cukup
    Kebiasaan tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan. Kurang tidur bisa menyebabkan kesulitan fokus, penurunan fungsi kekebalan tubuh, dan obesitas. Kurang tidur juga dapat memengaruhi jenis makanan yang ingin dimakan, sehingga cenderung memilih makanan yang lebih tinggi gula, lemak, garam, dan kalori.

  5. Cek label makanan
    Makanan kalengan terkadang membantu namun juga tak sering merugikan. Sebelum membeli, pastikan mengecek label makanan dan pilih produk dengan jumlah tambahan gula paling sedikit. Produk susu dan buah-buahan mengandung sejumlah gula alami, sedangkan gula tambahan dapat diidentifikasi dalam daftar bahan pada label.