16 JUN 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 1756 DILIHAT 10 BAGIKAN

5 Risiko Penyakit Akibat Defisiensi Vitamin D

Mengesampingkan asupan vitamin D bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Beberapa penyakit ini bisa menyerang jika kekurangan atau defisiensi vitamin D.

  1. Rikets
    Rikets atau Rakhitis adalah pelunakan dan pelemahan tulang pada anak-anak, salah satunya karena kekurangan vitamin D yang ekstrim dan berkepanjangan. Vitamin D membantu tubuh anak menyerap kalsium dan fosfor dari makanan.

  2. Osteoporosis
    Osteoporosis terjadi ketika pembentukan tulang baru tidak mengimbangi hilangnya tulang lama. Osteoporosis2 menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh, sehingga mudah jatuh atau bahkan tekanan ringan seperti membungkuk dapat berisiko patah tulang. Patah tulang terkait osteoporosis paling sering terjadi di pinggul, pergelangan tangan, atau tulang belakang.

  3. Osteomalasia
    Osteomalasia adalah kelainan pada tulang yang menyebabkan tulang menjadi lunak, sehingga mudah patah. Osteomalasia hampir mirip dengan osteoporosis, namun keduanya memiliki penyebab dan gejala yang berbeda. Kondisi ketika tulang kekurangan kalsium disebut dengan osteomalasia, sedangkan osteoporosis merupakan penurunan kepadatan tulang seiring dengan pertambahan usia.

  4. Gangguan kesehatan gigi
    Vitamin D memainkan peran kunci dalam mineralisasi tulang dan gigi. Kekurangan atau kekurangan vitamin D dapat memengaruhi kesehatan enamel gigi dan gusi. Kadar vitamin D yang rendah pada anak-anak dapat memengaruhi perkembangan gigi, menyebabkan gigi menjadi lebih lemah di masa dewasa dan lebih rentan terhadap gigi berlubang atau patah. Pada orang dewasa, status vitamin D yang rendah dapat menyebabkan gingivitis dan penyakit periodontal.

  5. Diabetes Mellitus
    Kekurangan vitamin D berhubungan dengan gangguan sekresi insulin pada diabetes melitus tipe 24. Vitamin D berperan mengurangi peradangan, yang merupakan proses utama dalam menginduksi resistensi insulin. Untuk itu jangan lupa berjemur, konsumsi makanan kaya vitamin D, atau kalau perlu minum NutriliteTM Vitamin D3 1000IU setiap hari untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin D harian. NutriliteTM Vitamin D3 1000IU mengandung vitamin D3 sebesar 1000IU; terbuat dari bahan alami, gluten free, tanpa pemanis buatan, pengawet, dan pewarna sintesis.

Sumber: 

1https://www.mayoclinic.org/dis...

2https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/osteoporosis/symptoms-causes/syc-20351968

3https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7285165/

4https://www.ncbi.nlm.nih.gov/p...