21 JUN 2023 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 355 DILIHAT

5 Pengaruh Mood ke Kulit

Tahukah kamu, suasana hati, bahkan ekspresi wajah yang digerakkan emosi, dapat memengaruhi kesehatan dan penampilan kulitmu. Apa sajakah itu?

  1. Stres: eksim, rosacea, dan kondisi kulit lainnya
    Ketika stres, otak meningkatkan produksi hormon yang disebut CRH (Corticotropin-Releasing Hormone), yang memberitahu kelenjar adrenal untuk menghasilkan kortisol ekstra. Menurut American Psychological Association (APA), masalah terkait kulit lainnya yang dapat diperburuk oleh stres adalah psoriasis, gatal, dan gatal-gatal.

  2. Kecemasan: kebiasaan mengorek kulit
    Beberapa orang tanpa sadar mengorek kulit untuk mengatasi perasaan cemas. Mengorek atau mencabut kulit/kuku kronis adalah perilaku berulang yang berfokus pada tubuh yang terkait dengan gangguan obsesif-kompulsif, menurut Mental Health America.

  3. Depresi: kebiasaan perawatan kulit yang tidak sehat
    Kebiasaan sehari-hari seperti diet sehat dan banyak tidur meningkatkan kesehatan kulit. Tetapi orang dengan depresi biasanya mengalami kesulitan makan dengan sehat atau tidur yang cukup. Orang yang mengalami depresi cenderung malas melakukan kebiasaan perawatan diri, seperti rutinitas perawatan kulit mereka.

  4. Cemberut: keriput
    Menunjukkan kemarahan dengan cemberut dapat merusak kulit, karena kerutan yang terus-menerus menciptakan kerutan yang terukir di dahi. Bahkan kontraksi otot kecil yang terjadi saat mengerutkan kening atau menyipitkan mata menyebabkan munculnya garis-garis di dahi, di antara alis, dan di sekitar sudut mata. Seiring waktu, garis-garis ini menjadi lebih menonjol dan dapat menyebabkan kerutan.

    Untuk meminimalkan kerutan, sertakan Artistry Skin Nutrition Renewing Reactivation Cream dalam rutinitas perawatan kulitmu. Artistry Skin Nutrition Renewing Reactivation Cream pelembap yang bekerja seperti suplemen untuk kulit, yang mampu membantu mengurangi tampilan garis dan kerutan, serta mengaktifkan kembali kemampuan alami kulit untuk terlihat lebih muda dan lebih sehat.

  5. Perasaan baik menangkal efek negatif stres pada kulit
    Penelitian menunjukkan bahwa suasana hati yang gembira, tenang, dan positif menggagalkan efek buruk dari stres pada kulit. Saat suasana hati senang, beberapa hormon tertentu seperti dopamin dan serotonin meningkat sehingga tergerak untuk lebih memperhatikan lingkungan, termasuk perawatan kulit.

Sumber: 

1https://pubmed.ncbi.nlm.nih.go...

2https://mhanational.org/condit...

3https://www.ncbi.nlm.nih.gov/p...