30 SEP 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 380 DILIHAT

5 Manfaat Serat Untuk Diet

Serat merupakan salah satu nutrisi wajib yang harus dikonsumsi sehari-hari, terutama bagi yang menjalankan program penurunan berat badan. Ketahui manfaat serat, yuk, biar tak alpa mengonsumsinya.

  1. Menormalkan pergerakan usus
    Serat dapat membantu makanan bergerak melalui sistem pencernaan, meningkatkan keteraturan dan membantu mencegah sembelit.

  2. Serat menjaga lapisan usus tetap utuh
    Lapisan usus memungkinkan nutrisi masuk ke aliran darah sekaligus mencegah masuknya bakteri dan patogen “jahat”. Serat memberikan nutrisi bagi bakteri usus sehingga mereka tidak beralih ke lapisan usus untuk mencari makanan.

  3. Menurunkan kadar kolesterol
    Serat larut yang ditemukan dalam kacang-kacangan, oat, biji rami, dan oat, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah total dengan menurunkan kadar lipoprotein densitas rendah, atau kolesterol "jahat".

  4. Membantu mengontrol kadar gula darah
    Bagi penderita diabetes, serat (terutama serat larut) dapat memperlambat penyerapan gula dan membantu meningkatkan kadar gula darah. Pola makan sehat yang mencakup serat tidak larut juga dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

  5. Membantu mencapai berat badan yang sehat
    Makanan berserat tinggi cenderung lebih mengenyangkan dibandingkan makanan rendah serat, sehingga kita cenderung makan lebih sedikit dan merasa kenyang lebih lama.

  6. Membantu mengurangi nafsu makan
    Salah satu cara menghilangkan lemak perut adalah dengan menurunkan berat badan. Serat larut dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengekang nafsu makan, sehingga mengurangi asupan kalori.


Di mana mendapatkan sumber serat?

Sumber serat yang baik di antaranya kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Usahakan untuk meningkatkan asupan secara perlahan seiring waktu, kalau perlu konsumsi NutriliteTM Hi-Fiber Powder.

NutriliteTM Hi Fiber Powder merupakan perpaduan unik dari 3 sumber alami serat larut (ekstrak chicory, guar gum, dan maltodextrin) yang dikemas dalam bentuk sachet yang mengandung 4 gram serat yang terdiri dari serat larut dan serat tidak larut yang baik untuk kesehatan pencernaan dan dapat menurunkan kadar kolesterol.