24 JAN 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 249 DILIHAT

5 Kondisi Yang Butuh Vitamin D Optimal

Meskipun banyak orang berisiko kekurangan vitamin D, kelompok tertentu dengan kondisi ini membutuhkan lebih banyak vitamin D. Ini dia alasannya.

  1. Jarang terpapar sinar matahari
    Tubuh memproduksi vitamin D dengan bantuan paparan sinar matahari. Jika jarang terpapar sinar matahari, misalnya dari pagi hingga sore terus berada di dalam ruangan ber-AC, otomatis kadar vitamin D dalam tubuh berkurang.

  2. Penderita obesitas
    Vitamin D larut dalam lemak sehingga jika memiliki jumlah lemak tubuh tinggi (seperti penderita obesitas) maka lemak tersebut akan 'menyerap' vitamin D dan menyebabkan jumlah vitamin D yang beredar di darah menjadi lebih rendah.

  3. Pola makan vegan ketat
    Pola makan vegan yang ketat seperti meniadakan produk susu dan ikan, yang merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin D, berpotensi kekurangan vitamin D. Keju dan kuning telur merupakan sumber vitamin D yang baik.

  4. Ibu hamil dan menyusui
    Ibu hamil dan menyusui harus tercukupi vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang ibu dan bayi, serta mencegah tulang bayi menjadi melengkung (rakhitis).

  5. Orang lanjut usia
    Orang lanjut usia memiliki kebutuhan vitamin D yang lebih besar karena berisiko lebih tinggi terkena kondisi seperti osteoporosis, penyakit kardiovaskular, dan kanker. Selain dari paparan sinar matahari dan makanan kaya vitamin D, suplemen vitamin D seperti NutriliteTM Vitamin D3 1000IU juga bisa membantu memenuhi asupan harian vitamin D.

  6. Orang dengan masalah ginjal
    Orang dengan CKD (penyakit ginjal kronis) kesulitan mengubah vitamin D menjadi bentuk aktifnya, sehingga kadar vitamin D nya diupayakan harus optimal melalui sinar matahari, makanan, maupun suplementasi.


Cara menambahkan lebih banyak mendapatkan vitamin D

  • Menurut National Institutes of Health, paparan sinar matahari selama lima hingga 30 menit antara jam 10 pagi dan jam 3 sore setidaknya dua kali seminggu dianjurkan untuk mendukung sintesis vitamin D yang cukup.
  • Konsumsi makanan kaya vitamin D seperti ikan berlemak (salmon, tuna, mackerel), keju, dan kuning telur.
  • Jika tak cukup, konsumsi NutriliteTM Vitamin D3 1000IU setiap hari. NutriliteTM Vitamin D3 1000IU membantu memenuhi kebutuhan vitamin D dengan cepat pada kondisi tertentu seperti lanjut usia, ibu hamil dan menyusui, risiko tinggi/penderita penyakit infeksi atau penderita penyakit autoimun.