10 JUN 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 781 DILIHAT

5 Fakta Vitamin D

Berapa banyak yang kamu benar-benar tahu tentang vitamin sinar matahari?
Nah, biar tidak salah informasi, cek yuk info yang benar tentang si “vitamin matahari” ini.

  1. Semakin banyak vitamin D yang didapatkan maka akan semakin baik
    Tidak benar. Semua hal yang terlalu banyak tentu tidak bagus, termasuk asupan vitamin D. Menurut Mayo Clinic, jika vitamin D berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti mual, muntah, sering buang air kecil, lemas, nyeri tulang, dan nyeri ginjal. The Institute of Medicine merekomendasikan batas aman asupan harian untuk orang dewasa sampai 4.000 IU/hari. Lebih dari 10.000 IU per hari dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan jaringan.

  2. Berjemur membantu tubuh memproduksi vitamin D
    Benar. Ini sebabnya vitamin D sering disebut “vitamin matahari”, karena begitu sinar ultraviolet B matahari menerpa kulitmu maka akan membantu mengubah bahan kimia di kulit menjadi vitamin D3, menurut Harvard Health Publishing.

  3. Vitamin D cukup diperoleh dari makanan saja
    Tidak benar. Sumber vitamin D tidak hanya dari makanan kaya vitamin D saja (seperti ikan berlemak, kuning telur, dan jamur), melainkan juga dari sinar matahari, dan jika tidak mencukupi harus dibantu dengan suplementasi vitamin D seperti NutriliteTM Vitamin D3 1000IU.

    NutriliteTM Vitamin D3 1000IU membantu memenuhi kebutuhan vitamin D harian sebesar 1000IU, diformulasikan gluten free; tanpa pemanis buatan, pengawet,dan pewarna sintetis. NutriliteTM Vitamin D3 1000IU juga telah memenuhi regulasi BPOM dan tetap mengikuti standar dan prosedur yang ketat dari Amway Global. Riset dan formulasi produk didukung dan dilakukan oleh Amway Global Innovation And Science Division.

  4. Vitamin D membantu mendukung sistem kekebalan tubuh
    Benar. Menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health, vitamin D dapat membantu mengurangi respons peradangan berbahaya dari sel darah putih tertentu, serta meningkatkan produksi protein pelawan mikroba sel kekebalan.
    Satu studi yang diterbitkan pada bulan Oktober 2020 dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, menemukan bahwa lebih dari 80% orang dengan COVID-19 di sebuah rumah sakit di Spanyol mengalami kekurangan vitamin D.

  5. Usia memengaruhi kemampuan kulit membuat vitamin D
    Benar. Tinjauan penelitian yang dipublikasikan di Endocrinology and Metabolism Clinics of North America mencatat bahwa penuaan mengurangi produksi vitamin D di kulit, dan perawatan lansia dengan 800 IU vitamin D per hari dapat meningkatkan kadar ke kisaran yang memadai dan mengurangi patah tulang.

Sumber:

1https://www.mayoclinic.org/hea...

2https://reumatologi.or.id/vita...

3https://www.health.harvard.edu...

4https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-d/

5https://academic.oup.com/jcem/article/106/3/e1343/5934827

6https://www.ncbi.nlm.nih.gov/p...