31 MAR 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 316 DILIHAT

5 Fakta Tabir Surya

Jangan sampai bintik hitam di kulit wajahmu bertambah. Pastikan kamu menggunakan tabir surya untuk melindunginya. Berikut ini 5 fakta mengapa wajib menggunakannya.

  1. Tak semua orang paham pentingnya menggunakan tabir surya
    Ternyata tak semua orang mengerti pentingnya tabir surya sehingga masih banyak yang tidak mau menggunakannya. Seperti jurnal yang diterbitkan Journal of American Academy of Dermatology Juli 2015, yang mengungkap hasil survey Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang hasilnya adalah ternyata hanya 14,3% pria dan 29,9% wanita di Amerika yang rutin menggunakan tabir surya. Padahal kita dapat mengurangi risiko kanker kulit dengan memakai tabir surya, lho.

  2. Pentingnya menggunakan SPF 30 atau lebih tinggi
    Semakin besar SPF (Sun Protector Factor) atau faktor perlindungan matahari, maka semakin besar perlindungan yang diberikan. Minimal gunakan SPF 30 atau ke atas. Jika ingin maksimal gunakan SPF 50 seperti Artistry Ideal Radiance UV Protect SPF50+ PA++++, yang memberikan perlindungan SPF 50+ PA++++, telah teruji secara klinis membantu mencegah noda hitam di wajah dan melindungi kulit wajah dari penuaan dini akibat dari paparan sinar UV.
  3. Memilih spektrum luas memaksimalkan perlindungan
    Tidak semua tabir surya diciptakan sama, pilih yang menggunakan versi spektrum luas untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Jika label tidak menunjukkan spektrum luas, maka artinya hanya melindungi dari sinar UVB saja.
  4. Semua warna kulit perlu perlindungan tabir surya
    Semua warna kulit, bahkan gelap sekalipun perlu perlindungan tabir surya. Namun beberapa jenis kulit tertentu harus menyesuaikan dengan jenis tabir surya, misalnya saja untuk kulit berminyak pilihlah tabir surya berlabel oil-free atau bebas kandungan minyak.
  5. UVA vs UVB
    Paparan radiasi UV (ultraviolet) terdiri dari 2 jenis yaitu:
    • Sinar ultraviolet B (UVB) dikenal sebagai sinar yang membakar,mampu menembus dan dapat merusak lapisan atas kulit. Terlalu banyak paparan menyebabkan kulit terbakar dan bahkan melepuh.
    • Sinar ultraviolet A (UVA) dikenal sebagai sinar penuaan, yang mampu menyerap lebih dalam ke kulit Anda, menyebabkan pigmen menjadi gelap.