12 FEB 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 455 DILIHAT

5 Cara Merawat Rambut Berketombe

Kesal kulit kepala gatal dan berketombe? Yuk, atasi dengan 5 langkah ini.

  1. Ubah dietmu
    Kurangi makanan tinggi karbohidrat yang dapat menyebabkan penumpukan glikogen di kulit, sehingga memperburuk ketombe. Minimalkan juga konsumsi makanan manis dan susu yang bisa merangsang kelenjar sebaceous yang menghasilkan lebih banyak minyak pada kulit, sehingga kulit kepala rentan ketombe.
  2. Minimalkan stres
    Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi penyebab ketombe. Stres juga sering mendahului episode dermatitis seboroik, salah satu penyebab ketombe yang paling umum.
  3. Konsumsi makanan yang kaya Omega-3
    Asam lemak omega-3 penting untuk kesehatan kulit dan dapat membantu mengurangi peradangan. Kekurangan dapat menyebabkan kulit kering, rambut kering dan ketombe. Konsumsi sumber asam lemak Omega-3 yang baik seperti salmon, trout, dan mackerel juga biji chia dan kenari.
  4. Jangan digaruk
    Hindari kebiasaan buruk seperti menggaruk kulit kepala meskipun terasa sangat gatal. Tindakan ini bisa memperburuk peradangan dan iritasi. Terutama jika kamu memiliki kuku yang panjang dan tajam, menggaruk dapat menyebabkan luka terbuka di kulit kepala yang berujung pada infeksi.
  5. Gunakan Satinique Anti-Dandruff Shampoo
    Merawat ketombe dengan sampo khusus berbahan efektif dan aman adalah cara terbaik. Gunakan Satinique Anti-Dandruff Shampoo, sampo khusus untuk rambut berketombe yang memiliki formula yang mengandung zinc pyrithione untuk mengatasi ketombe dan EnerjuveTM complex, diperkaya dengan vitamin E+Avocado yang memberikan kelembapan, serta membuat kulit kepala lembut dan bersih.