27 MAY 2022 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 370 DILIHAT

5 Cara Jaga Kelestarian Tanah

Menjaga kelangsungan bumi kita sangatlah penting. Berikut ini lima praktik pertanian ramah lingkungan untuk memastikan keberlanjutan tanah dan lingkungan.

  1. Pertanian organik
    Pertanian organik adalah metode pertanian yang hanya menggunakan pengendalian hama alami dan pupuk hayati untuk bercocok tanam tanpa menggunakan bahan kimia atau pestisida. Metode ini mengoptimalkan siklus energi dan nutrisi dalam ekosistem pertanian.

    Pupuk hayati yang biasanya digunakan adalah NUTRIFARM™ AG, pupuk pelengkap cair yang berfungsi untuk memenuhi unsur hara mikro dan makro yang diperlukan tanaman pada masa menjelang pembentukan buah. Penggunaan NUTRIFARM™ AG membantu meningkatkan kualitas panen serta mempercepat pertumbuhan dan hasil tanaman.
  2. Rotasi tanaman dan polikultur
    Rotasi tanaman adalah strategi pertanian yang melibatkan budidaya berbagai jenis tanaman di lahan yang sama pada musim yang berurutan. Dengan metode ini, kemungkinan penyakit tanaman dan sayuran dapat dikurangi.
  3. Memanfaatkan sumber daya energi terbarukan
    Menurut FAO, energi dari rantai pangan pertanian menyumbang 35 persen dari total emisi GRK. Maka, sumber energi terbarukan, seperti energi matahari, tenaga air, dan ladang angin, harus digunakan untuk menggerakkan pertanian, seperti panel surya untuk menjalankan sistem pemompaan dan pemanas dan pembangkit listrik tenaga air dari sungai terdekat untuk berbagai mesin pertanian.
  4. Pengelolaan pengolahan tanah
    Petani dapat mengoptimalkan operasi pengolahan tanah untuk mengurangi emisi GRK. Metode ini termasuk membalik, menggali, dan mengaduk tanah. Pengurangan pengolahan tanah akan menyebabkan pengurangan konsumsi bahan bakar fosil, sehingga metode ini dapat mengurangi emisi GRK dalam jangka panjang.
  5. Agroforestri
    Agroforestri aatu wanatani adalah bentuk pengelolaan sumber daya yang memadukan kegiatan pengelolaan hutan atau pohon kayu-kayuan dengan tanaman komoditas atau tanaman jangka pendek. Cara ini akan membawa banyak manfaat ekonomi, juga sehat dan bermanfaat bagi lingkungan.