27 MAR 2023 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 519 DILIHAT

5 Cara Cegah Insomnia Saat Puasa

Rasa lapar yang intens meningkatkan kadar kortisol, sehingga mengerem produksi melatonin yang dibutuhkan untuk merasa mengantuk. Itu sebabnya banyak yang menderita insomnia saat puasa. Atasi dengan cara ini, yuk!

  1. “Dengarkan” tubuhmu
    Kebutuhan tidur bersifat individual, setiap orang bisa saja berbeda, apalagi dengan kondisi puasa yang dibatasi waktu makannya. “Dengarkan” tubuhmu, lalu buatlah jadwal waktu tidur dan bangun untuk menemukan jendela tidur yang optimal.

  2. Tetap terhidrasi
    Tetap terhidrasi akan membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Dehidrasi ringan sekalipun dapat menyebabkan tidur gelisah, dan meningkatkan risiko mendengkur atau tenggorokan kering. Pastikan cukup air minum saat buka dan sahur. Yang tak kalah pentingnya, air minummu harus bebas kontaminan.
    Gunakan eSpring™ Water Treatment System, penyaring air yang secara efektif mengurangi lebih dari 140 kontaminan berbahaya dan mempertahankan mineral bermanfaat seperti kalsium dan magnesium

  3. Menu makan yang sehat
    Batasi gula dan makanan olahan dan fokus pada makanan utuh, banyak serat, banyak sayuran dan buah-buahan, protein tanpa lemak seperti ikan, dan lemak sehat dari kacang-kacangan dan minyak berkualitas tinggi. Makanan pokok yang sehat ini akan memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkannya dan meningkatkan energi sepanjang hari., sekaligus membantu tidur nyenyak.

  4. Mindfulness
    Melatih kesadaran juga dapat membantumu berpuasa dengan lebih nyaman, melewati keinginan sementara, dan menjaga pola makan yang sehat. Penelitian* menunjukkan bahwa praktik mindfulness seperti melatih pernapasan dan gerakan yoga sederhana, bisa meningkatkan kualitas tidur.

  5. Ciptakan ruang tidur yang nyaman
    Maikan ponsel cerdas, laptop, atau televisi, karena cahaya biru dari perangkat digital ini dapat mencegah otak melepaskan hormon tidur melatonin. Ciptakan suasana tidur yang nyaman dengan bantal dan seprei berkualitas; bebas kebisingan, dan jangan lupa nyalakan AtmosphereTM Mini untuk membantumu tidur lelap karena menghirup udara yang segar dan bebas kontaminan.

*https://thesleepdoctor.com/men...