18 MAY 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 441 DILIHAT 11 BAGIKAN

5 Cara Atasi Rambut Rontok

Rambut rontok memang sudah biasa, tapi jangan dibiarkan jika semakin lama bikin rambut jadi tipis. Saatnya mengganti cara perawatan dan produk perawatan rambutmu!

Fakta siklus rambut

Setiap helai rambut di kepala memiliki umur antara sekitar 3 hingga 5 tahun*. Folikel rambut memiliki siklus pertumbuhan aktif, transisi, dan istirahat. Rambut rontok secara alami terjadi ketika siklus pertumbuhan rambut menjadi terganggu. Penyebab lain rambut yang rontok diantaranya karena genetika, bertambahnya usia, dan telogen effluvium (kerontokan mendadak karena masalah kesehatan seperti efek samping obat).

Tingkatkan kesehatan rambut

Beberapa tips berikut ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan serta merawat rambut rontok sehingga sehat kembali.

  1. Hindari gaya rambut yang menarik rambut
    Gaya rambut seperti cornrows, kepang ketat, dan kuncir kuda dapat menarik rambut dan melonggarkan ikatan antara rambut dan kulit kepala dari waktu ke waktu.
  2. Hindari alat penata rambut dengan suhu tinggi
    Pengering rambut, pelurus rambut, dan pengeriting rambut semuanya dapat merusak rambut dari waktu ke waktu karena menyebabkan kelembapan pada batang rambut mengembang.
  3. Jangan merawat atau memutihkan rambut secara kimiawi
    Merawat rambut secara kimiawi dengan metode seperti pemutihan merusak rambut dengan memecah molekul protein yang disebut keratin. Batasi penggunaan pewarna, highlight, perawatan peroksida, dan perm.
  4. Rawat rambut menggunakan Satinique untuk rambut rontok
    Kandungan sulfat dalam sampo bisa bikin kulit kepala kering dan rambut rapuh. Cobalah keramas menggunakan sampo dan kondisoner yang lembut dan berbahan alami dari Satinique, yaitu:
    • Satinique Anti-Hairfall Shampoo
      Sampo dengan kandungan ENERJUVETM dengan Ginseng + Mulberry Leaf Extract mencegah rambut rontok karena patah, memberikan energi dan menstimulasi kulit kepala.
    • Satinique Anti-Hairfall Conditioner
      Kondisioner dengan kandungan ENERJUVETM dengan Ginseng + Mulberry Leaf Extract mencegah rambut rontok karena patah, memberikan energi dan menstimulasi kulit kepala.
  5. Gunakan sikat lembut yang terbuat dari serat alami
    Gunakan sikat lembut dengan serat yang alami berpotensi meningkatkan kadar minyak yang sehat pada rambut. Sikat lembut ke satu arah, mulai dari atas dan berlanjut hingga ke ujung, dapat membantu menghaluskan dan mengkondisikan kutikula rambutmu.

* https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4606321/