02 APR 2022 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 218 DILIHAT

5 Akibat Kurang Tidur

Jangan sepelekan manfaat tidur. Kurang tidur tak hanya menyebabkan mata panda saja, namun juga berbagai risiko kesehatan.

  1. Rentan terhadap serangan virus
    Penelitian* telah menunjukkan bahwa ketika tidak cukup istirahat, maka tubuh akan lebih rentan terhadap virus, sehingga lebih sulit untuk melawan virus yang masuk seperti flu biasa hingga infeksi.
  2. Berat badan bertambah
    Jumlah tidur dapat memengaruhi kadar ghrelin (stimulan nafsu makan) dan leptin yang mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Ketika tidurmu tidak cukup, maka akan lebih sedikit leptin, sedangkan produksi ghrelin meningkat. Kondisi ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan.
  3. Fungsi otak terganggu
    Tidur yang cukup adalah kunci untuk fungsi otak yang optimal. Sebaliknya jika tidak cukup tidur maka dapat memengaruhi kemampuan berpikir, mengingat, dan memproses informasi.
  4. Memengaruhi kualitas hidup
    Kuang tidur akan memengaruhi kualitas hidupmu dalam menjalani aktivitas normal sehari-hari atau berolahraga, seperti mengantuk, kurang konsentrasi bekerja, kurang semangat.
  5. Berbagai risiko kesehatan
    Kurang tidur berpotensi menimbulkan berbagau masalah kesehatan yang serius seperti penurunan kekebalan tubuh, tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, gagal jantung atau stroke.

Agar lebih mudah tertidur

  • Bangun dan tidur dengan jadwal yang konsisten setiap hari sehingga tubuhmu mengenali kapan waktunya tidur dan terjaga.
  • Batasi paparan terhadap elektronik dan cahaya biru (seperti hp, laptop, tv) setidaknya setengah jam sebelum tidur.
  • Ciptakan tidur yang nyaman misalnya dengan meredupkan lampu dan menyalakan Atmosphere MiniTM, sehingga tidurmu pun pulas karena menghirup udara bersih, bebas polutan, dan segar. Kok bisa? Karena Atmophere Mini menggunakan Filtrasi 3-In-1 (pre-filter, filter HEPA, filter karbon) yang efektif mengurangi lebih dari 300 kontaminan dari udara serta menyaring 99,99% kontaminan di udara dan menyaring partikel hingga 0,0024 mikron.

* https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/immune-system-lack-of-sleep