24 MAY 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 1 MENIT DIBACA 296 DILIHAT

4 Manfaat Memandikan Bayi

Tak hanya untuk menjaga kebersihan, memandikan bayi juga memiliki banyak manfaat lain, lho.

  1. Kulit bayi bersih
    Bayi membutuhkan mandi secara teratur (2-3 kali seminggu) untuk membersihkan kulit dan rambutnya. Mandi mengontrol minyak berlebih di rambut, membersihkan kulit bayi dari kelembapan yang berlebihan, dan mengeringkan area di antara lipatan kulitnya.
  2. Kulit tetap sehat
    Mandi membantu melindungi kesehatan kulit bayi, sekaligus untuk mengecek apakah ada ruam atau kulit kering di tubuhnya. Kulit bayi sangat sensitif, untuk itu gunakan sabun mandi yang lembut seperti Allano Baby Bath, sabun mandi yang khusus diciptakan untuk kulit lembutnya. Formulanya ringan dengan wangi yang menyegarkan. Kulitnya pun menjadi bersih, lembut, dan lembap.
  3. Manfaat emosional
    Momen memandikan bayi bisa menjadi bonding yang menyenangkan. Sentuhan dan kontak kulit serta kontak mata akan memberikan interaksi positif antara Bunda dan bayi. Membungkusnya dengan handuk lembut dan mengeringkannya dengan lembut setelah mandi membuatnya merasa hangat dan aman.
  4. Bermain
    Selain manfaat kesehatan dan emosional, waktu mandi juga bisa menjadi waktu bermain. Percikan air dan bermain memungkinkan bayi belajar tentang konsistensi air. Mainan bayi dan gelembung mengajarinya koordinasi tangan-mata dan menyenangkan untuk dimainkan di bak mandi. Menyanyikan lagu dan menunjukkan bagian tubuh adalah cara yang menyenangkan agar bayi dapat menikmati mandi sambil membersihkan diri pada saat yang bersamaan.