07 MAY 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 402 DILIHAT

3 Penyebab Utama Dark Spot

Dark spot, flek atau bintik hitam tak muncul begitu saja. Ini dia 3 penyebab utamanya.

  1. Paparan sinar matahari
    Penyebab nomor satu dari bintik hitam adalah kerusakan akibat sinar matahari. Ketika dirangsang oleh sinar UV yang berbahaya, melanosit bereaksi dengan melepaskan melanin yang bertindak sebagai tabir surya alami. Melanin berguna karena menyerap energi dari sinar UV dan mendistribusikannya kembali. Namun, matahari dapat memicu produksi melanin terlalu banyak sehingga menyebabkan bercak-bercak gelap pada kulit.
  2. Penuaan
    Penuaan juga dapat mengintensifkan munculnya hiperpigmentasi karena:
    • Seiring bertambahnya usia, jumlah melanosit berkurang tetapi ukuran dan produksi pigmen meningkat.
    • Kulit yang lebih tua cenderung terlihat lebih tipis, lebih pucat dan lebih transparan, yang menonjolkan munculnya bintik hitam.
  3. Hormon
    Ketika kadar hormon naik turun, salah satu efek samping yang paling umum adalah perubahan pigmentasi yang disebut melasma dan sering dialami wanita yang sedang hamil. Jenis hiperpigmentasi ini biasanya berlangsung sampai kehamilan berakhir atau kadar hormon kembali seimbang.

Cara menghilangkan dark spot

Untuk membantu mengurangi tampilan bintik hitam ini, gunakan serum yang memang ditujukan untuk mengatasi dark spot seperti Artistry Signature Select ™ Personalized Serum Spot Amplifier (S).

Artistry Signature Select ™ Personalized Serum Spot Amplifier (S) menggunakan Spot Targeting Vitamin C Technology, membantu mencerahkan kulit dan mengurangi pembentukan bintik-bintik hitam. Sudah melalui uji alergi, dermatologi, dan non-comedogenic. Cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.