10 DEC 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 417 DILIHAT

7 Akibat Defisiensi Zinc

Jangan sepelekan zinc. Nutrisi ini penting banget buat menjaga daya tahan tubuhmu.
Kekurangan zinc bisa menyebabkan beberapa kondisi berikut ini, lho.

  1. Sering masuk angin
    Kekurangan zinc dikaitkan dengan penurunan sistem kekebalan tubuh. Jika seseorang mulai mudah terserang pilek atau infeksi, ini mungkin merupakan tanda kekurangan zinc.

  2. Penglihatan kabur
    Penglihatan kabur bisa jadi akibat kekurangan zinc. Mata mengandung zinc konsentrasi tinggi, dan ketika kekurangan zinc mungkin akan mengalami perubahan penglihatan. Pada kasus yang parah, kekurangan zinc dapat menyebabkan perubahan pada retina.

  3. Penurunan berat badan
    Karena kekurangan zinc dapat menyebabkan perubahan nafsu makan, sehingga bisa menyebabkan penurunan berat badan. Zinc juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati, mudah tersinggung, atau depresi.

  4. Kebotakan terlalu cepat
    Rambut rontok yang tidak diketahui penyebabnya adalah gejala umum kekurangan zinc. Namun, suplementasi zinc yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi rambut seperti halnya kekurangan zinc.

  5. Luka lama sembuh
    Zinc juga mendukung kesehatan kulit dan pembekuan darah yang baik. Luka yang tidak kunjung sembuh bisa menjadi tanda lain kekurangan zinc.

  6. Kurang nafsu makan
    Penurunan indera penciuman dan pengecapan tanpa sebab yang jelas bisa menjadi gejala kekurangan zinc. Salah satu enzim yang diperlukan untuk rasa dan bau yang tepat bergantung pada zinc. 


  7. Lambatnya pertumbuhan pada anak-anak
    Biasanya saat hamil dianjurkan minum suplemen zinc untuk mendukung tumbuh kembang janin dan anak. Jika anak kekurangan zinc, anak tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Di mana menemukan zinc?

Zinc banyak ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk daging merah, unggas, tiram, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat zinc dengan mengonsumsi NutriliteTM I-Defense. Selain mengandung zinc, NutriliteTM I-Defense diperkaya dengan Selenium, dan Copper yang dilengkapi dengan ekstrak Holy Basil serta Citrus Bioflavonoid untuk membantu memelihara kesehatan.